Senin, 18 April 2011

Setting XAMPP di Linux Suse 11.1 Text Mode

       

 Kali ini saya akan bahas bagaimana caranya menyetting xampp di linux suse 11.1 basis text mode, caranya cukup mudah yaitu menyiapkan paket yang di perlukan yakni xampp. Disini saya memakai xampp-linux-1.7.4.tar/ versi 1.7.4 untuk mendownloadnya klik disini. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Masuk sebagai superuser/root.
2. Buatlah DNS terlebih dahulu. Cara membuat DNS di Linux Suse 11.1
3. Lakukan installasi XAMPP dengan cara mengekstrak master XAMPP ke direktori /opt dengan cara tar xvfz xampp-limux-1.7.4.tar.gz -C /opt , jika master xampp anda berada di flashdisk maka lakukan mount terlebih dahulu. Cara mengakses flashdisk di Linux Suse 11.1 
                                                                                                                                                                                                                                                                                            

4. Setelah proses ekstrak selesai jangan lupa stop apache2 dengan cara rcapache2 stop dan start lampp dengan cara /opt/lampp/lampp start


5. Lakukan pengeditan pada httpd.conf dengan cara vi /opt/lampp/etc/httpd.conf. Disini yang harus di edit adalah ServerAdmin dengan nama admin@nama domain (admin@agus.com), ServerName dengan www.nama domain (www.agus.com),dan jangan lupa aktifkan include/etc/extra/httpd-vhosts.conf dengan cara menghapus tanda pagar (#). 



6. Setelah konfigurasi diatas disimpan lakukan pengeditan yang kedua edit httpd-vhosts.conf dengan cara vi /opt/lampp/etc/extra/http-vhosts.conf. file ini digunakan untuk membuat agar web kita bisa di browsing. Edit seperti gambar di bawah.              


 Penjelasannya:  ServerAdmin diganti dengan admin@nama domain ( admin@agus.com ), DocumentRoot diganti dengan letak web yang akan digunakan /opt/lampp/htdocs, ServerName diganti dengan nama domain dan ServerAlias diganti dengan www.nama domain ( www.agus.com ).
7. Simpan hasil konfigurasi tersebut dan restart lampp dengan perintah /opt/lampp/lampp restart.

 
8. Untuk menguji apakah installasi sudah berhasil atau belum bisa di cek dengan cara di links, dengan cara links www.agus.com. Gambar di bawah menunjukkan bahwa xampp sudah berhasil di install.    


                                                                       

    You Might Also Like:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    text/javascrip