Selasa, 19 April 2011

Setting Mail Server di Linux Suse 11.1 Text Mode

Langkah - langkah setting mail server, antara lain:

1. Tambahkan subdomain mail pada zone foward kita ( agus.zone ) pada DNS kita.


2. Lakukan konfigurasi postfix dengan perintah vi /etc/postfix/main.cf. Jika paket postfix anda belum ada install terlebih dahulu, karena biasanya postfix sudah terinstall saat proses installasi linux. 


3. Hal - hal yang perlu di konfigurasi ada 3 hal yakni:  inet_interfaces =  localhost  >> ganti localhost dengan all, masquerade_domains = awalnya kosong masukkan saja nama.domain ( agus.com ),  mydestination = hapus semua dan ganti dengan nama.domain ( agus.com ) agar menjadi user@agus.com saat pengiriman email. Kemudian simpan hasil konfigurasinya dan restart postfix dengan perintah rcpostfix restart, untuk lebih jelas lihat gambar di bawah.


4. Lakukan konfigurasi dovecot atau install paket dovecot dengan perintah zypper in dovecot.


5. Setelah installasi selesai lakukan konfigurasi file dovecot dengan perintah vi /etc/dovecot/dovecot.conf.


6. Pada baris ke 23 terdapat tulisan # protocols = imap imaps hilangkan pagarnya dan ganti imaps menjadi pop3 sehingga akan menjadi protocols = imap pop 3.

7. Pada baris ke 51 # disable_plaintext_auth = yes hilangkan tanda pagarnya dan ganti yes dengan no sehingga menjadi disable_plaintext_auth = no. Kemudian simpan hasil konfigurasinya dan restart dovecot dengan perintah rcdovecot restart.


8. Mail server pun sudah siap, langkah selanjutnya adalah buatlah 2 user untuk test pengiriman email. Perintahnya useradd -m ( nama user ) untuk membuat user dan passwd ( nama user ) untuk membuat password pada user. Contoh lihat gambar di bawah ini.


9. Lakukan test pengiriman email lewat konsole dengan perintah telnet.
10. Untuk mengirim email gunakan perintah telnet mail.agus.com 25. Dan langkah-langkahnya ikuti gambar di bawah ini.


11. Untuk membuka email yang sudah di kirim gunakan perintah telnet mail.agus.com 110. Ikuti langkah-langkahnya sesuai gambar di bawah.



You Might Also Like:

1 komentar:

Kholidil Amin II mengatakan...

Okay Mas...

Posting Komentar

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
text/javascrip